Tujuan Pendidikan Agama Kristen

Tujuan Pendidikan Agama Kristen

(Berdasarkan buku Thomas H. Groome, Christian Religious Education, 2010)

Oleh Vikaris Gloria Nathalia Kansil

                Pojok Ngejaman edisi 11 Desember 2016 yang lalu telah berbicara tentang hakikat Pendidikan Kristen, yakni “menuntun ke luar” sesuai dengan arti kata pendidikan (ducare) itu sendiri. Dengan meminjam istilah itu, maka kali ini pembahasan kita ialah tentang untuk tujuan apa para pendidik agama Kristen melakukan tuntunan ke luar mereka? Groome berpendapat tujuan utama kita sebagai para pendidik agama Kristen adalah untuk menuntun orang-orang ke luar menuju ke Kerajaan Allah di dalam Yesus Kristus. Kerajaan Allah yang dimaksud di sini bukan hanya sebagai simbol spiritual yang hanya menunjuk pada realitas “dunia” yang lain, tetapi juga sebagai tanda kerja sama antara Allah dan manusia di sepanjang sejarah. Singkatnya, Kerajaan Allah ialah rencana Allah bagi ciptaan. Oleh karena itu, implikasi sosial dari Pendidikan Agama Kristen bagi Kerajaan Allah ialah bahwa kita mengkontribusikan peran kita dalam konteks sendiri, mempromosikan keadilan, kedamaian dan kebebasan.

                Tujuan utama Pendidikan Agama Kristen ialah Kerajaan Allah. Dalam tujuan utama itu, maka Pendidikan Agama Kristen berkaitan langsung dengan iman Kristen dan kebebasan manusia. Iman Kristen dan kebebasan manusia bersama-sama sebagai sebab dan konsekuensi satu sama lain. Kedua-duanya harus secara sadar ditempatkan sebagai tujuan bersama dalam pendidikan Agama Kristen.

Ketika tujuan PAK itu ialah untuk mempromosikan Kerajaan Allah (baca: kontribusi peserta dalam konteks, keadilan, kedamaian dan kebebasan), maka hal pertama yang perlu diperhatikan ialah pemupukan iman Kristen yang hidup. Groome menyebut hal ini sebagai iman Kristen yang dewasa, yakni Iman Kristen yang diwujudkan dalam kehidupan manusia. Iman Kristen itu memerlukan sekurang-kurangnya tiga kegiatan, yakni percaya, mempercayakan dan melakukan. Melalui Yesus Kristus, kita diundang oleh Allah menuju ke arah iman yang dewasa. Para pendidik Agama Kristen harus berusaha menuntun ke luar ke arah tujuan itu.

Arsip

Pengguna baru

  • maryannyw60
  • RobertHip
  • Tomekadaurn
  • Deweynox
  • abookzLuts

Login Form